Berita Satuan Pengawas Internal

SPI Untirta Melakukan Sharing Knowledge Manajemen Risiko di IPB University

Admin SPI - 30 August 2022 05:01:10 WIB

Rabu, 24 Agustus 2022, SPI Untirta melakukan kunjungan ke IPB, tepatnya pada Kantor Manajemen Risiko dan Perlindungan Lingkungan Kerja IPB. Kunjungan kerja kali ini bertujuan untuk sharing knowledge mengenai pelaksanaan manajemen risiko di lingkungan IPB. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat manajemen risiko merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Dalam kunjungan ini, SPI Untirta disambut dengan baik oleh kepala Kantor Manajemen Risiko dan Perlindungan Lingkungan Kerja IPB, Dr. Aceng Hidayat beserta tim. Dalam inisiasinya, ketua SPI Untirta, Dr. Rudi Zulfikar menyampaikan maksud dan tujuan tim SPI Untirta melakukan kunjungan ke IPB. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian informasi dari tim manajemen risiko IPB.

Pada pemaparannya, Dr. Aceng Hidayat menyampaikan sejarah dan sistem pelaksanaan manajemen risiko di IPB secara umum. Dalam pemaparan tersebut Dr. Aceng Hidayat menekankan bahwa manajemen risiko merupakan sesuatu yang bersifat top-down. Artinya adalah harus diinisiasi oleh top management terlebih dahulu sebelum turun ke unit-unit di bawahnya.

Lebih lanjut lagi, teknis pelaksanaan manajemen risiko di IPB disampaikan secara detail oleh Bapak Budi Purwanto. Pada pemaparannya disampaikan mulai dari langkah-langkah pelaksanaan manajemen risiko, dokumen-dokumen yang harus dimiliki dan disiapkan serta peran SPI sebagai pengawas internal dalam pelaksanaan manajemen risiko.

Kunjungan ini memberikan banyak manfaat bagi SPI Untirta mengenai manajemen risiko di lingkungan perguruan tinggi. Semoga ke depannya pelaksanaan manajemen risiko di Untirta dapat berjalan serta silaturahmi antar perguruan tinggi menjadi semakin baik.

Tautan