Berita Satuan Pengawas Internal

SPI Untirta Bersama Pimpinan Universitas dan Fakultas Melakukan Rapat Persiapan Pencanangan Zona Integritas (ZI)

Admin SPI - 06 April 2023 11:02:20 WIB

Serang, 6 April 2023

Dalam rangka penguatan integritas perguruan tinggi, Untirta dalam hal ini berupaya untuk menjalankan Zona Integritas. Hal ini sebagai langkah dalam mewujudkan grand design reformasi birokrasi 2010-2025, sesuai Peraturan Presiden No. 81 Tahun 2010. Lebih lanjut lagi, grand design tersebut diturunkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpanrb) No. 25 Tahun 2020 tentang road map reformasi birokrasi 2020-2024. Salah satu langkah dalam mewujudkan reformasi birokrasi adalah dengan membangun Zona Integritas (ZI) pada unit kerja. Dalam Permenpanrb No. 90 Tahun 2021 ditegaskan bahwa unit-unit kerja/satuan kerja yang terdapat pada kawasan yang ditunjuk untuk membangun ZI wajib membangun ZI di internal unit.

Atas dasar tersebut, Untirta sebagai satuan kerja di Kemendikbudristekdikti tidak lepas dari kewajiban untuk membangun ZI di unit-unit kerja yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat. Dalam hal ini adalah seluruh fakultas-fakultas yang ada di Untirta wajib menjalankan ZI.

Dengan demikian, maka pada tanggal 5 April 2023 bertempat di ruang rapat pimpinan lantai 4 Kampus Untirta Sindangsari, SPI Untirta, bersama Rektor Untirta Prof. Fatah Sulaiman, Wakil Rektor II Kurnia Nugraha, S.T., M.T., dan bersama dengan seluruh dekan Fakultas dan Pascasarjana melakukan rapat untuk menyamakan persepsi mengenai ZI.

Rapat tersebut bertujuan sebagai penajaman informasi mengenai ZI dan membangun komitmen bersama untuk menjalankan ZI di tiap fakultas yang ada di Untirta. Muara dari rapat ini adalah Untirta akan melaksanakan pencanangan ZI. Pencanangan ini merupakan langkah awal dalam penerapan ZI di lingkungan Untirta. Pencanangan ZI disepakati akan dilaksanakan pada tanggal 12 April 2023.

Diharapkan dengan adanya komitmen membangun ZI, maka peningkatan kualitas birokrasi di Untirta menjadi semakin baik dan dapat membantu mewujudkan reformasi birokrasi yang dicanangkan oleh Presiden RI.

Tautan